Warta UMBandung

Program KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merupakan hasil perkembangan dari Program Bidik Misi yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi.

Tahun ini mulai bekerjasama dengan banyak Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang datanya dapat dilihat di website Kemendikbud, salah satunya Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung.

Program tersebut dikhususkan untuk calon mahasiswa berpotensi di bidang akademik namun kurang mampu dari segi pembiayaan kuliah.

Acep Muharam T Samsudin, selaku Koordinator Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UMBandung menjelaskan bahwa kuota KIP Kuliah di UMBandung sekitar 200 mahasiswa dengan sistem pendaftaran online. 

Kami diberi 200 kuota, setiap calon mahasiswa diharuskan mendaftar program KIP ke Kemendikbud, kemudian memilih Universitas yang dituju, misalnya UMBandung. Untuk Kelulusan ditentukan oleh pihak Kemendikbud” ujar Acep ketika ditemui di ruangannya (9/6).

Persyaratan utama beasiswa KIP Kuliah yaitu memiliki kartu KIP dari sejak SMA, atau adanya surat keterangan dari pemerintah setempat, selain itu ada seleksi lebih lanjut berupa survei lapangan.

Calon mahasiswa yang lolos pada program beasiswa KIP Kuliah akan mendapatkan full biaya kuliah hingga 8 semester, dengan catatan dapat mempertahankan prestasinya baik dibidang akademik maupun non akademik. (Arif/UMBandung)

Bagikan Ke:

Berita Populer

Bank BJB dan Universitas Muhammadiyah...

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- PT Bank Pembangunan Daerah...