
“For Better Policies and Services”
Program Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Bandung hadir untuk menyiapkan para calon lulusan unggul yang mengerti akan pentingnya pelayanan, kebijakan dan management sebagai produk dari administrasi publik yang siap akan perubahan yang ada, serta berperan penting dalam menyelesaikan persoalan publik di masyarakat secara luas dengan corak nilai-nilai islamic technopreneur sebagai landasan utama Universitas Muhammadiyah Bandung. Sejak berdiri pada 14 Juni 2016 dengan SK bernomor 205/KPT/I/2016, program Studi Administrasi Publik terus berkomitmen menjadikan Program studi yang center of exellent, Hal ini dibuktikan dengan Predikat Akreditasi yang didapat dengan Peringkat ”Baik” pada tahun 2021-2026.
Visi dan Misi Administrasi Publik
Visi Administrasi Publik
Menjadikan Program Studi Adminisrasi Publik menjadi lembaga pendidikan tinggi yang memiliki komitmen dan mampu melahirkan lulusan dengan kompetensi bidang ilmu administrasi publik yang berjiwa tekhnopreneur, profesional, mandiri dan Islami pada tahun 2025
Misi Administrasi Publik
Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang profesional dan bermutu dibidang ilmu administrasi publik sesuai dengan standar mutu pendidikan tinggi
Menyelenggarakan penelitian yang bermutu dalam bidang ilmu administrasi publik
Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan bidang ilmu administrasi public
Menyelenggarakan kegiatan Al Islam dan Kemuhammadiyahan.
Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka pengembangan Islamic Technopreneur dibidang ilmu administrasi publik
Tujuan Administrasi Publik

Menghasilkan lulusan yang bermutu dalam bidang ilmu administrasi publik berbasis Islamic Technopreneur
Menghasilkan penelitian yang bermutu dalam bidang ilmu administrasi publik
Terselenggaranya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dalam bidang ilmu administrasi publik
Terselenggaranya kegiatan Al Islam dan Kemuhammadiyahan yang sesuai dengan amanat Persyarikatan Muhammadiyah
Terjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka pengembangan Islamic Technopreneur terutama dibidang ilmu admiinistrasi public
Kurikulum
Kurikulum Unggulan dan Spesifikasi Program Studi Administrasi Publik

Memilki fasilitas yang memadai dengan berbasis teknologi yang menunjang penyelenggaraan kebutuhan akademik maupun perkuliahan.
Kurikulum dasar yang kuat, baik untuk administrasi, organisasi, manajemen, pelayanan publik dan kewirausahaan dengan prinsip-prinsip public services and technopreneurship.
Menghasilkan lulusan profesional yang berkarakter Islami dan berjiwa technopreneur.
Menerapkan metode pembelajaran yang menumbuhkan learning skill, critical thinking, creative thinking, scientific thinking, leadership, dan kepedulian pada kebutuhan masyarakat.
Lebih lengkapnya bisa mengunduh dokumen berikut Surat Keputusan Kurikulum AdministrasiPublik
Profil Lulusan
Analis Kebijakan Publik
Analis kebijakan merupakan profesi yang berada pada sektor pemerintah dan Swasta yang nantinya diharapkan dapat memberikan informasi atau nasihat terkait dengan sebuah pembuatan maupun pelaksanaan dari sebuah kebijakan publik.
Administrator dan Birokrat Publik
Analis kebijakan merupakan profesi yang berada pada sektor pemerintah dan Swasta yang nantinya diharapkan dapat memberikan informasi atau nasihat terkait dengan sebuah pembuatan maupun pelaksanaan dari sebuah kebijakan publik.
Legislator
Legislator merupakan orang yang berfungsi untuk mendengar, menyampaikan serta melakukan pemantauan apa yang telah dikerjakan oleh Pemerintah (Eksekutif)
Peneliti (Researcher)
Peneliti merupakan seorang yang melakukan penelitian terhadap isu-isu yang sedang berkembang,
Non-Govermental Organizations
Non-Govermental Organizations Non-Govermental Organizations (NGO) merupakan lembaga diluar Pemerintahan yang secara sukarela bergerak dalam memecahkan masalah publik yang berkembang di masyarakat secara luas
Prospek Lulusan
Peluang karir bagi Lulusan Program Studi Administrasi Publik UMBandung di antaranya:
Birokrat Teknopreneur
Admistrator atau Manajer Publik
Akademisi
Konsultan atau Analis Kebijakan Publik.
Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat di sektor Administrasi Publik.
Dosen

Meti Mediyastuti Sofyan., S.Sos.,M.AP
Ketua Program Studi Digitalisasi Pemerintahan dan Anti Korupsi
Rikki Maulana Yusup. S.IP. M.AP
Sekretaris Program Studi Etika Administrasi Publik dan Pelayanan Publik
Fatmawati. S.IP. M.AP
Administrasi Pembangunan dan Gender
Tati. S.Pd. M.PA
Manajemen Publik dan Pelayanan Publik
Yayan Andri. S.Pd. M.AP
Otonomi Daerah dan Desa
Dr. Ir. Latifah. MT
Teori-Teori Pembangunan
Ramaditya Rahardian. S.Sos. M.KP
Teori-Teori Kebijakan Publik dan Governance Studies
Ahmad Zaini Miftah. S.IP. M.AP
Perencanaan Pembangunan Kota dan Governance Studies
Drs. Mohamad Hilal Nu’man, S.H., M.Kn
Kewarganegaraan dan Hukum Administrasi Negara
Drs. Dikdik Dahlan Lukman., M.Hum
Al-Islam Kemuhammadiyahan
Setiadin, S.Pd, S.Sos. M.AP
Kepublikan dan KewarganegaraanKegiatan Kami

Pelatihan Analisis Kebijakan Publik Bagi Pemula

Pelatihan Analisis Kebijakan Publik Bagi Pemula

FGD Tinjauan Kurikulum Dengan Pakar Administrasi Publik

FGD Tinjauan Kurikulum Dengan Pakar Administrasi Publik

Seminar Nasional “Agile Governance di Era Vuca”

Seminar Nasional “Agile Governance di Era Vuca”