Sejarah UMBandung

Universitas Muhammadiyah Bandung

Sejarah Universitas Muhammadiyah Bandung

Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) didirikan berdasarkan Surat Izin Kemenristek Dikti No. 205/KPT/I/2016 yang diterbitkan pada tanggal 14 Juni 2016 menyelenggarakan Program Pendidikan tinggi. Seiring berjalan waktu, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1195/M/2020 Tentang Izin Penyatuan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Bandung ke Universitas Muhammadiyah Bandung di Kota Bandung yang diselenggarakan oleh Persyarikatan Muhammadiyah, tanggal 30 Desember 2020, dan kemudian berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 328 Tahun 2021 Tentang Izin Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Bandung Menjadi Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Bandung, tanggal 12 Maret 2021. Pada saat ini Universitas Muhammadiyah Bandung memiliki 18 program studi unggulan dengan 4 fakultas yakni:

  1. Fakultas Sains dan Teknologi;
  2. Fakultas Sosial dan Humaniora;
  3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis;
  4. Fakultas Agama Islam.

Cita-cita besar UMBandung adalah melahirkan para Teknopreneur Muda Islami, yang selain memiliki kemampuan akademis, tapi juga memiliki sikap mental dan enterpreneur skill/ kewirausahaan, serta memiliki kemampuan dalam memanfaatkan kemajuan teknologi. Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) mengemban amanat Persyarikatan, umat dan bangsa yang tidak sederhana. Amanat untuk membangun pusat-pusat keunggulan (center of excellence) dan inovasi sebagai upaya akselerasi dakwah amar makruf nahyi munkar dalam rangka mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Mewujudkan masyarakat terdidik yang unggul dan berdaya saing. Masagi dalam spiritualitas, intelektualitas dan humanitas. Mandiri dan menjadi elite penggerak perubahan serta pengembangan ekonomi dan budaya bangsa.

Pusat keunggulan dan inovasi yang diharapkan adalah bertumbuhnya technopreneurship yang berbasis nilai-nilai keislaman. Pusat keunggulan dan inovasi ini sekaligus mengukuhkan visi akademik UM Bandung sebagai Islamic Technopreneurial University. Tiga pilar utamanya adalah sebagai kampus Islami, kampus teknologi dan kampus entrepreneurship. Melalui ketiga pilarnya itu, UM Bandung berharap dapat menjalankan peran pentingnya dalam membangun keunggulan dan inovasi di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat yang berbasis Al-Islam-Kemuhammadiyahan, sekaligus menjalankan tanggung jawab keumatan, kebangsaan serta tanggung jawab kemanusiaan globalnya.