
Dosen UM Bandung Berikan Tips Meningkatkan Daya Tarik Produk UMKM
UMBANDUNG.AC.ID, Bandung -- Menarik minat konsumen untuk membeli suatu produk adalah hal penting yang harus dipahami oleh pelaku UMKM. Selain itu, mereka juga perlu mengetahui trik-trik untuk menarik calon pelanggan.
Menanggapi kebutuhan tersebut, program studi Psikologi UM Bandung mengadakan acara UMKM Hacks pada Rabu (31/08/2022). Acara ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat (PKM) dalam bentuk seminar dengan tema "Apa Sih yang Bikin UMKM Laris?".
Sebanyak 50 pelaku UMKM dan pengurus Forum UMKM Kabupaten Bandung Barat hadir sebagai peserta. Acara PKM ini berlangsung di Saung Makan Babakan Cinta, Kabupaten Bandung Barat.
Dosen Psikologi UM Bandung, Firdaus Dwi Suwandi, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM tentang faktor-faktor yang membuat konsumen tertarik untuk membeli produk mereka. “Kami memberikan materi kepada pelaku UMKM tentang faktor-faktor yang bisa menarik minat konsumen,” kata Firdaus.
Firdaus menjelaskan ada beberapa faktor yang mempengaruhi pembelian produk UMKM, seperti minat beli, brand knowledge, brand image, dan kualitas pelayanan. Dengan memahami faktor-faktor ini, pelaku UMKM akan lebih mudah meningkatkan dan mengembangkan penjualan produk mereka.
Firdaus juga berharap Forum UMKM Kabupaten Bandung Barat bisa bekerja sama dengan Fakultas Sosial dan Humaniora UM Bandung. “Bukan hanya dengan prodi Psikologi, tetapi juga dengan disiplin ilmu lainnya untuk menciptakan berbagai kegiatan positif,” tambahnya.
PKM ini dihadiri oleh Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Sosial & Humaniora UM Bandung, perwakilan Dinas UMKM Kabupaten Bandung Barat, Forum UMKM Kabupaten Bandung Barat, dan tamu undangan lainnya.
Selain Firdaus yang menyampaikan materi tentang minat beli, beberapa dosen UM Bandung juga berpartisipasi sebagai pemateri dalam kegiatan ini. Di antaranya, Selly yang menyampaikan materi tentang brand knowledge, Afifah Ghina Rahmani tentang brand image, dan Vina Lusiana Nadianti tentang kualitas pelayanan.***(FK)