Tentang Kami

Communication Studies UMBandung, courageous, creative, good attitude, and good communication in digital era

llmu Komunikasi merupakan bidang pengetahuan penggunaan teknologi dan distribusi informasi melalui media. Oleh karenanya, Program Studi Ilmu Komunikasi UM Bandung, selain mengarahkan pengajarannya kepada pembentukan sarjana yang mampu memahami, mengaplikasikan, dan memiliki keterampilan komunikasi berbasis teknologi digital, juga konsern membentuk sarjana entrepreneur Islami yang kompeten dalam bisnis komunikasi, dan media serta bidang Industri Kreatif.

Visi dan Misi

Tujuan
  • Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang ilmu komunikasi dan berkarakter teknopreneur islami.
  • Menghasilkan penelitian di bidang ilmu komunikasi yang sesuai dengan kearifan lokal.
  • Menghasilkan sivitas akademika yang memiliki kepedulian terhadap berbagai permasalahan yang berkembang di masyarakat.
  • Mewujudkan kerjasama dengan berbagai pihak dalam pengembangan ilmu komunikasi dan technopreneurship.
Kurikulum
  • Kurikulum yang disusun pada setiap program studi terintegrasi dengan kebutuhan industri saat ini diselaraskan dengan nilai-nilai islami yang menjadikan mahasiswa program Studi Ilmu Komunikasi UM Bandung memiliki sikap profesional berbasis nilai Shidiq, amanah, Fathanah dan Tabligh.
  • Mengedepankan pengembangan keterampilan serta keahlian menulis, fotografi, media monitoring &analysis, serta keterampilan entrepreneurship merujuk pada nilai-nilai Islam.
  • Mata Kuliah didesain bermuatan SCL (Student Centered Learning) dan soft skill agar mahasiswa mampu berfikir kreatif, kritis, mandiri, produktif dan bermotivasi tinggi.
Profil Lulusan
  • Digital Public Relations Consultant.
  • Pengelola Konten Strategis/ Strategic Content Manager.
  • Perencana Strategi (Strategic Planner) di bidang ilmu komunikasi.
  • Menjadi perencana Strategis (strategic planner) di industry komunikasi berbasis media.
  • Praktisi Komunikasi media.
  • Pekerja professional sebagai praktisi komunikasi di berbagai media dan industry kreatif berbasis broadcasting digital, multimedia, dll.
  • Technopreneur Komunikasi.
  • Social Media Planner, Merancang dan menciptakan konten digital yang kreatif dan menarik untuk berbagai platform Media sosial.
  • Digital Strategis.
  • Entrepreneur Digital Communications.

 

Prospek Lulusan
Peluang karir bagi Lulusan Program Studi Agribisnis UMBandung di antaranya:
  • Akademisi dan peneliti
  • Public Relations
  • Konsultan Komunikasi
  • Conten Creator
  • Youtuber
  • Junalis
  • News Writter
  • Fotografer
  • Videografer
  • Event Organizer
  • Sineas
  • Pengusaha media
  • Entertainer
  • Digital Marketing

Ilmu Komunikasi

Dosen

Ahmad Rifai S.Sos.I.,M.Ag. Sekretaris Lembaga

Dosen

Dra. Euis Evi Puspitasari M.Si. Ketua Program Studi

Ketua Program Studi

Roni Tabroni S.Sos.,M.Si. Kepala Pusat Studi/Kajian

Dosen

Ulfa Yuniati S.I.Kom.,M.Si. Sekretaris Program Studi

Sekretaris Program Studi

Agung Tirta Wibawa S.Sos, M. Ag Kepala Bagian

Dosen

Yuti Yuniarti S.Pd.,M.Pd. Kepala Pusat Studi/Kajian

Dosen

Dr. Ijang Faisal M.Si.

Dosen

Dr. Nenny Kencanawati M.Si. Kepala Pusat Studi/Kajian

Dosen

Dr. Aziz Taufik Hirzi S.I.P.,M.Si. Wakil Dekan

Dosen

Resti Ernawati S.Sos.,M.Ikom. Unit Mutu

Dosen

Arief Permadi M.Sos.

Dosen

Endrian Kurniadi S.Kom.,M.I.Kom. Kepala Divisi Penjamin Mutu (LPM)-Kepala Divisi Dokumentasi dan Pengembangan Instrumen

Dosen

Hadi Muhammad Rizal S.I.Kom.,M.I.Kom.

Dosen

Vera Martikasari

Dosen