Tentang Kami

Prodi Pendidikan Agama Islam Melahirkan Mahasiswa Berakhlak Mulia, Unggul dan Berkemajuan

Program Studi Pendidikan Agama Islam merupakan program studi pertama di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT), yang berdiri pada 19 Juli 1987 dengan SK Nomor: 88/Kop/S/1987. Kemudian berubah menjadi STAIM (Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah) Bandung tahun 1995 dengan 5 Program Studi, satu diantaranya Program Studi PAI. Pada tahun 2016 Prodi PAI mendapatkan akreditasi B dari Ban PT, dan berhasil mempertahankan akreditasi dengan standar 9 menjadi akreditas Baik Sekali pada tahun 2022. Berkat kerja keras dan cerdas para pimpinan serta seluruh civitas STAIM Bandung, pada tahun 2020 Prodi PAI bergabung bersama Universitas Muhammadiyah Bandung, dan mempunyai sarana prasarana kampus yang memadai berlokasi di Jalan Soekarno Hatta No. 752 Bandung.

Visi dan Misi

Visi dan Misi

Visi Pendidikan Agama Islam

Pada tahun 2027 menjadi Program Studi yang unggul dan berintegritas dalam melahirkan Sarjana Pendidikan Islam yang berkemajuan.

Misi Pendidikan Agama Islam

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat yang integratif dalam bidang PAI;
  • Menyelenggarakan kegiatan praktikum pendidikan yang memberikan penguatan pada kompetensi keguruan, manajerial dan pengembangan life skill berbasis Entrepreneurship
  • Menyelenggarakan penelitian terkait pengembangan keilmuan Pendidikan Agama Islam dan model-model pembelajaran berbasis Information, Communication and technology (ICT) dan pemanfaatannya dalam pembelajaran PAI.
  • Mengembangkan kegiatan mimbar akademik mahasiswa dan dosen, yang melibatkan alumni dan stakeholder melalui kegiatan diskusi, seminar, workshop, pelatihan, temu alumni atau lainnya, yang mendukung penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pengajaran PAI secara komprehensif.
Kompetensi
  • Kompeten dalam mengimplementasikan Al-Islam Kemuhammadiyahan.
  • Kompetensi menjadi Guru Pendidikan Agama Islam di jenjang pendidikan SD/MI, SMP/Mts, SMA/Aliyah dan menguasai teknologi pembelajaran PAI.
  • Kompeten di bidang penelitian Pendidikan Agama Islam.
  • Kompeten di bidang kewirausahaan sosial dan pendidikan.
Kurikulum

Program Studi Pendidikan Agama Islam mempunyai 66 mata kuliah termasuk KKN, PPL, Skripsi. Dalam menentukan bahan kajian Prodi PAI berlandaskan pada Visi Misi Universitas, Visi Misi Fakultas, Visi Misi Program Studi PAI, dan Profil Lulusan. Keempat aspek ini diuraikan dalam mata kuliah yang nantinya akan memperkuat profile lulusan.

Prospek Lulusan

Program Studi Pendidikan Agama Islam dalam menentukan profil lulusan berdasarkan mini research dan tracer study. Penetapan Profil Lulusan dan capaian pembelajaran lulusan merujuk pada Peraturan Direktur Jenderal Nomor 2500 Tahun 2018 Tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Capaian Pembelajaran Program Studi Jenjang Sarjana Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dan Fakultas Agama Islam Pada Perguruan Tinggi.

Merujuk pada penjelasan diatas maka ditetapkan Prospek lulusan Program studi PAI adalah:

  • Pendidik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang profesional
  • Peneliti dan konsultan muda di bidang Pendidikan Agama Islam
  • Social edupreneur di bidang jasa Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Agama Islam

Dosen

Muhtadin M.Ag.

Dosen

Dr. Hendar Riyadi M.Ag.

Dosen

Supala M.Ag.

Dosen

Dr. Miftahul Huda S.Pd.I.,M.Ag.

Dosen

Mukhlishah M.Ag.

Dosen

Dr. Sitti Chadidjah M.Pd.

Dosen

Mochamad Fadlani Salam S.Pd.I.,M.Pd.

Dosen

Dr. Ahmad Zaelani Aw S.Ag.,M.Ag.

Dosen

Dr. Iim Ibrohim S.Pd.I.,M.Ag.

Dosen

Dr. Imas Kurniasih S.Ag.,M.Ag.

Dosen

Dr. Hernawati S. Pd.,M.Pd.

Dosen

Sarah Adilah Wandansari S.Pd.I.,M.A.

Dosen

Dr. Rahmat Fadhli Ed.M.

Dosen

Prof.Dr. Afif Muhammad M.A.

Dosen