Tentang Kami

“Membuka cakrawala teknologi masa depan bagi technopreneur unggulan bangsa”

Bidang Teknik Elektro adalah salah satu bidang rekayasa yang banyak berpengaruh dalam perkembangan peradaban dunia. Kontribusi teknik elektro diperkirakan akan terus berlanjut pada masa yang akan datang. Lulusan teknik elektro adalah agen transformasi yang sangat dibutuhkan dengan memberikan praktek kerekayasaan yang terbaik dalam setiap aspek kehidupan.
Program studi sarjana Teknik Elektro berdiri pada tanggal 14 Juni 2016 melalui SK No. 205/KPT/I/2016 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Mahasiswa diperoleh program studi Teknik Elektro satu tahun setelah SK diterima atau pada tahun 2017.

Visi dan Misi

Visi dan Misi

Visi Teknik Elektro

Program Studi Teknik Elektro mengembangakan keilmuan teknik elektro yang berbasis pada nilai-nilai islam dan kemuhammadiyahan serta teknoprenerial dengan menyelaraskan pada perkembangan teknologi untuk menghasilkan lulusan yang profesional, beretika, dan memiliki kepribadian Islami.

Misi Teknik Elektro

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam bidang teknik elektro yang menguasai ilmu pengetahuan, rekayasa, dan teknologi serta berwawasan islami.
  • Melaksanakan penelitian dalam bidang teknik elektro yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, bangsa, dan negara.
  • Berperan aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat dalam bidang Teknik Elektro yang berwawasan lingkungan dan pengembangan berkelanjutan serta memiliki jiwa kewirausahaan.
  • Menjalin kerjasama dengan stakeholder dengan berbagai pihak, baik dengan instansi pemerintahan maupun pihak swasta.
Tujuan
  • Terselenggaranya proses pendidikan dalam rangka menghasilkan lulusan sarjana teknik elektro yang menguasai ilmu pengetahuan, rekayasa, dan teknologi serta berwawasan islami.
  • Menghasilkan penelitian dalam bidang rekayasa teknik elektro yang sesuai dengan budaya dan kearifan lokal serta dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, bangsa, dan negara.
  • Terselenggaranya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang didasari rasa kepedulian dengan menerapkan keilmuan teknik elektro, rekayasa dan teknologi.
  • Terjalin kerjasama dengan berbagai stakeholder baik instansi pemerintahan, BUMN, maupun pihak swasta.
Kurikulum

Kurikulum Unggulan dan Spesifikasi Program Studi Teknik Elektro

  • Kurikulum Prodi Teknik Elektro dibuat berdasarkan pedoman dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Standar Nasional Perguruan Tinggi, Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia dan juga dari Forum Perguruan Tinggi Teknik Elektro Indonesia (FORTEI).
  • Prodi Teknik Elektro juga sedang menerapkan konsep Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) yang sudah dicanangkan oleh pemerintah.
  • Selain itu ada kuliah penciri dari kampus UMBandung seperti Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK), Technopreneur, dan juga penciri dari prodi seperti Internet of Thing (IoT) dan Kecerdasan Buatan (AI).
Profil Lulusan

Sukses dalam karir di bidang teknik elektro.

Menjadi seorang pekerja profesional pada bidang Teknik Elektro yang memiliki wawasan luas serta keahlian dilandasi sikap amanah dan bertanggung jawab akan pekerjaan yang dijalankan.
 

Mampu menyelesaikan studi di jenjang selanjutnya.

Mampu menyelesaikan studi ke jenjang selanjutnya dengan menerapkan prinsip pembelajaran sepanjang hayat.
 

Teknopreneur pada bidang teknik elektro.

Menjadi seorang pencipta pekerjaan yang didasari oleh sikap empati dan ingin memberikan manfaat sebanyak-banyaknya, yang mencintai lingkungan dan selalu berinovasi dengan teknologi terbaru.
Kompetensi

CPL1

Kemampuan untuk mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan masalah teknik elektro dengan menerapkan prinsip-prinsip teknik, sains, dan matematika berlandaskan etika dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan berlandaskan pancasila dan ketuhanan Yang Maha Esa terapan).

CPL2

Kemampuan untuk menerapkan desain rekayasa untuk menghasilkan solusi yang memenuhi kebutuhan tertentu dengan pertimbangan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan masyarakat, serta faktor global, budaya, sosial, lingkungan, dan ekonomi.

CPL3

Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif baik lisan maupaun tulisan dengan berbagai khalayak termasuk memahami dan menulis laporan dan dokumentasi desain, membuat presentasi yang efektif, dan memberikan dan menerima instruksi yang jelas.

CPL4

Kemampuan untuk mengenali tanggung jawab etis dan profesional dalam situasi rekayasa dan membuat penilaian yang tepat, yang harus mempertimbangkan dampak dari solusi rekayasa dalam konteks global, ekonomi, lingkungan, dan sosial.

CPL5

Kemampuan untuk berfungsi secara efektif dalam tim yang anggotanya bersama-sama memberikan kepemimpinan, menciptakan lingkungan yang kolaboratif dan inklusif, menetapkan tujuan, merencanakan tugas, dan memenuhi tujuan.

CPL6

Kemampuan untuk mengembangkan dan melakukan eksperimen yang tepat, menganalisis dan menginterpretasikan data, dan menggunakan pertimbangan teknik untuk menarik kesimpulan.

CPL7

Kemampuan untuk memperoleh dan menerapkan pengetahuan baru sesuai kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat menggunakan strategi pembelajaran yang tepat dan terkait isu-isu kontemporer yang relevan.

CPL8

Kemampuan untuk merepresentasikan nilai-nilai sikap dan kepribadian isalmi dan kemuhammadiyahan dalam sains dan teknologi secara sistematis, kreatif, dan inovatif.

CPL9

Kemampuan dalam menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan dalam rangka kepedulian terhadap lingkungan di dalam menjalankan penelitian maupun rekayasa teknologi.

Teknik Elektro

Dosen

Jaya Kuncara Rosasusila S.T.,M.T.

Dosen

Muhammad Afit S.T.,M.T.

Dosen

Mulki Rezka Budi Pratama S.T.,M.T.

Dosen

Pujo Laksono S.T.,M.T.

Dosen

Prof. (Mad) Dr., Ir. Syafrudin Masri S.T.,M.Eng.

Dosen

Fajrin Nurul Haq Lc.,M.Hum.

Dosen

Dwi Purliantoro S.Si.,M.Pd.

Dosen

Dr. Ihsan Imaduddin S.Si.,M.Si

Dosen